BERITA

BUILDING CITIES FOR LIFE

Share :

Keterbukaan Informasi Kepada Pemegang Saham Dalam Rangka Penambahan Modal Dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu

INFORMASI & AKTIVITAS - Wednesday, 05 September 2018


Informasi sebagaimana tercantum dalam Keterbukaan Informasi ini penting untuk diperhatikan oleh Pemegang Saham untuk mengambil keputusan sehubungan dengan rencana Perseroan untuk melaksanakan Penawaran Umum Terbatas dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD)/Right Issue, sesuai dengan Peraturan OJK No. 32/POJK.04/2015 tentang penambahan modal Perusahaan Terbuka dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu.

 

Jika anda mengalami kesulitan untuk memahami informasi sebagaimana tercantum dalam Keterbukaan Informasi ini atau ragu-ragu dalam mengambil keputusan, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan perantara pedagang efek, manajer investasi, konsultan hukum, akuntan atau penasihat profesional lainnya

 

PT Hanson International Tbk

(“Perseroan”)

 

Kegiatan Usaha Utama

Industri, Perdagangan Umum, Jasa dan Pembangunan

 

Berkedudukan di Jakarta, Indonesia

 

Kantor:

Mayapada Tower lantai 21, Jl. Jend. Sudirman Kav. 28 Jakarta-Indonesia

Kode pos: 12290

Telp. 021-5213555, Faks. 021-52114555

Website: www.hanson.co.id

 

Keterbukaan informasi ini disampaikan kepada para pemegang saham Perseroan sehubungan dengan rencana Penambahan modal Perseroan dengan memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (“HMETD”).

 

Sehubungan dengan rencana Penambahan modal dengan memberikan HMETD, Perseroan bermaksud untuk meminta persetujuan para pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (“RUPSLB”) yang akan diselenggarakan pada hari Kamis, tanggal 27 September 2018.

 

Dewan komisaris dan Direksi Perseroan, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama bertanggung jawab sepenuhnya atas kelengkapan dan kebenaran semua informasi yang dimuat dalam Keterbukaan Informasi ini dan setelah mengadakan penelitian dan pemeriksaan yang cukup, menegaskan bahwa informasi yang dimuat dalam Keterbukaan Informasi ini adalah benar dan tidak ada fakta material yang disembunyikan atau tidak diungkapkan yang dapat membuat atau mengakibatkan informasi atau fakta material dalam pengumuman ini menjadi tidak benar dan/atau menyesatkan.

 

A. RENCANA PENGELUARAN SAHAM DENGAN MEMBERIKAN HMETD 

Perseroan berencana untuk melakukan Penambahan modal dengan memberikan HMETD (“Penambahan Modal dengan HMETD”) kepada para pemegang saham Perseroan dalam jumlah sebanyak-banyaknya (akan ditentukan kemudian) atau sebesar (akan ditentukan kemudian) dari modal disetor setelah terlaksananya PUT.

 

Sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (‘OJK”) No. 32/POJK.04/2015 tentang Penambahan Modal Perusahaan Terbuka dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (“POJK No.32/2015”), pelaksanaan penambahan modal dengan memberikan HMETD dapat dilaksanakan setelah:

  1. Perseroan memperoleh persetujuan dari RUPSLB sehubungan dengan penambahan modal dengan memberikan HMETD;
  2. Perseroan menyampaikan pernyataan pendaftaran dalam rangka penambahan modal dengan memberikan HMETD beserta dokumen pendukungnya kepada OJK; dan
  3. Pernyataan pendaftaran Perseroan, yang akan disampaikan kepada OJK, sehubungan dengan rencana penambahan modal dengan memberikan HMETD dinyatakan efektif oleh OJK.

 


B. PERKIRAAN PERIODE PELAKSANAAN PENAMBAHAN MODAL
 

Perseroan bermaksud untuk melaksanakan dan menyelesaikan penambahan modal dengan memberikan HMETD dalam jangka waktu yang dianggap baik oleh Perseroan, dengan mengikuti ketentuan-ketentuan Pasal 8 ayat (3) POJK 32/2015, jangka waktu antara tanggal persetujuan RUPSLB sampai dengan efektifnya pernyataan pendaftaran adalah tidak lebih dari 12 (dua belas) bulan. Uraian mengenai tanggal-tanggal pelaksanaan akan diungkapkan dalam prospektus dan prospektus ringkas yang akan dibuat dalam rangka Penambahan Modal dengan HMETD.

 


C. PERKIRAAN SECARA GARIS BESAR RENCANA PENGGUNAAN DANA
 

Perseroan bermaksud untuk menggunakan seluruh dana yang diterimanya dari PUT, setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi, untuk membiayai belanja modal dan/atau keperluan:

  1. Modal kerja Perseroan dan/atau entitas anak.

 


D. ANALISIS MENGENAI PENGARUH PENAMBAHAN MODAL TERHADAP KONDISI KEUANGAN DAN PEMEGANG SAHAM PERSEROAN
 

Rencana Penambahan Modal Dengan HMETD Perseroan ini diharapkan:

(i) Perseroan memiliki struktur permodalan yang lebih baik yang dapat meningkatkan kondisi keuangan Perseroan untuk melakukan investasi dan pengembangan usaha.

(ii) Meningkatkan jumlah saham yang beredar, sehingga dengan adanya Penambahan modal dengan memberikan HMETD diharapkan menambah jumlah saham di pasar dan akan meningkatkan likuiditas saham Perseroan.

(iii) Meningkatkan Ratio Debt to Equity lebih baik.

 

E. PENUTUP 

Apabila pemegang saham Perseroan membutuhkan informasi secara lengkap mengenai rencana Perseroan untuk melakukan Penambahan modal dengan HMETD ini, mohon dapat menghubungi Perseroan pada setiap hari kerja (Senin s/d Jumat) dan jam kerja (08.30 s/d 17.00) Pada alamat dibawah ini:



Corporate Secretary

PT Hanson International Tbk

Jakarta

Tel : (62 21) 521-3555

Fax : (62 21) 521-4555

Email: corsec@hanson.co.id